Thursday, June 2, 2016

Prinsip Sepakbola Ala Arsene Wenger

Manajer Arsenal mengungkapkan prinsip sepakbola dirinya dan berharap para manajer lain tidak perlu menduplikat filosofi kepelatihan pihak lain. 
Arsene Wenger menyatakan, menjadi seorang manajer harus selalu berpegang kuat dengan prinsip dan filosofi yang dimilikinya, sekali pun diterpa berbagai kritik.
Seperti diketahui, tak sedikit dari berbagai kalangan di ranah sepakbola Inggris memberikan cercaan kepada The Proffesor, bahkan tak jarang juga datang dari fans The Gunners sendiri.
Alasannya simpel. Tim sudah bertahun-tahun nirgelar. Wenger dinilai kerap kali gagal mewujudkan ekspektasi suporter. Kendati begitu, Wenger menegaskan, hal-hal seperti ini harus selalu disikapi dengan keyakinan dan keberanian, bukan malah lari dari klub.
"Kami berada di dalam sebuah pekerjaan di mana hasil mendikte keyakinan dan penilaian dari orang lain," tukas Wenger kepada Arsenal Magazine.
"Sehingga, Anda harus menjadi kuat dan mengambil jarak dari itu, untuk memperkuat keyakinan Anda. Saya yakin, manajer yang bagus adalah bukan orang yang memiliki rencana-rencana besar."
"Itulah perbedaan antara para manajer dan para intelektual. Seorang manajer hebat adalah seseorang yang memiliki ide-idenya sendiri bagaimana sepakbola itu harus dimainkan, namun setelah itu, dia juga perlu nyali dan keberanian untuk mengambil keputusan, untuk memainkan sepakbola jenis yang Anda inginkan."
"Seorang manajer adalah sosok yang di dalam diri mereka selalu menghadirkan pikiran 'Apa yang ingin saya lakukan? Apa yang saya ingin lakukan?' bukan mereplikasi apa yang orang lain lakukan. Harus ada perasaan mendalam terkait filosofi yang tepat. Maka, dia akan memiliki kekuatan untuk memperjuangkannya."
"Hal itu pula yang akan mengangkat kepala Anda, bermain dengan cara yang dia inginkan. Anda boleh terinspirasi dari orang lain, tapi setelah mengambil berbagai pengaruh dari luar, Anda harus membuat analisis Anda sendiri, apa yang benar-benar Anda inginkan," urainya.

0 comments:

Post a Comment