Monday, June 8, 2015

CONTOH SKRIPSI, TESIS, DISERTASI & TUGAS AKHIR

TUGAS BAHASA INDONESIA 2

1. Pengertian

Skripsi
Skripsi adalah tugas ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Sarjana (S1). Skripsi merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian yang berhubungan dengan masalah yang di bahas.

Tesis
Tesis merupakan karya ilmiah yang mengungkapkan pengetahuan baru dengan melakukan pengujian terhadap suatu hipotesa. Jadi misal ada suatu hipotesa atau sesuatu yang masih praduga atau butuh diuji kebenarannya makan dilakukanlah pengujian terhadap praduga tersebut. Tesis sifatnya lebih mendalam dari pada skripsi. Tesis ditulis untuk meraih gelar Magister (S2).

Disertasi
Pencapaian gelar akademik tertinggi adalah predikat Doktor. Gelar Doktor (Ph.D) dimungkinkan manakala mahasiswa (S3) telah mempertahankan disertasi dihadapan Dewan Penguji Disertasi yang terdiri dari Profesor atau Doktor dibidang masing-masing. Disertasi ditulis berdasarkan penemuan (keilmuan) orsinil dimana penulis mengemukakan dalil yang dibuktikan berdasarkan data dan fakta yang valid dengan analisis terinci.

Tugas Akhir(TA)
Tugas Akhir(TA) adalah hasil tertulis dari pelaksanaan suatu penelitian, yang dibuat untuk pemecah masalah tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku dalam bidang ilmu tersebut.

2. Contoh Skripsi, Tesis, Disertasi & Tugas Akhir

-Contoh Skripsi
Hubungan Akselerasi, Kelincahan Dan Daya Tahan Dengan Keterampilan Bermain Bulu Tangkis Siswa Putra SMA Negeri I Baturetno

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan akselerasi, kelincahan dan daya tahan dengan keterampilan bermain bulu tangkis siswa putra SMA Negeri I Baturetno.

Penelitian ini merupakan korelasi, menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Negeri I Baturetno berjumalh 20 orang. Sedangkan instrument yang digunakan untuk akselerasi adalah tes 20 meter satuannya detik, tes kelincahan diukur dengan shuttle run selama 60 detik satuannya frekuensi, daya tahan diukur dengan tes lari 2400 meter satuaanya menit. Keterampilan bermain bulutangkis diukur dengan sistem setengah kompetisi satuaanya angka. Data analisis dengan rumus korelasi product moment. Sebelumnya data dianalisis perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data menggunakan chi kuadrat (X2), menggunakan program SPS adisi Sutrissno Hadi. Untuk menguji linieritas data, digunakan teknik analisis variansi terhadap garis regresi dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi. Setelah uji normalitas menghasilkan normal dan uji linieritas menghasilkan data yang liniear.
Maka hasil penelitian yang diperoleh adalah hubungan antara akselerasi dengan keterampilan bulutangkis dengan r= -0,515 dan p= 0,019 berarti signifikan. Ada hubungan antara kelincahan dengan keterampilan bermain bulutangkis dengan r= 0,883 dan p= 0,000 berarti signifikan. Ada hubunganya antara daya tahan dengan keterampilan bermain bulutangkis dengan r= 0,628 dan p= 0,003 berarti signifikan. Selanjutnya hasil analisis regresi ganda dengan tiga prediktor menunjukkan korelasi yang signifikan dengan R= 0,897 antara akelerasi, kelincahan dan daya tahan dengan keterampilan bermain bulu tangkis. Besarya koefisien, determinan R2(kuadrat)= 0,805 sumbangan efektif (SE) yang diberikan ketiga variabel secara keseluruhan sebesar 80,470%.

-Contoh Tesis
Korelasi Antara Sikap Siswa Kepada Guru Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di SMPN 1 Plosoklaten Tahun Ajaran 2012/2013

Abstrak
Agus Puguh Santosa, 2013, Tesis. Korelasi antara sikap siswa kepada guru dengan aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Plosoklaten. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyan STAIN Kediri.
Dosen Pembimbing: Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag dan Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag
Kata Kunci: Sikap Siswa dan Aktivitas Belajar

Sikap siswa kepada guru adalah kecenderungan siswa untuk merespons baik secara positif maupun negatif terhadap guru yang mencakup tiga komponen penting yaitu kognitif, afektif, dan konasi. Aktivitas belajar adalah seluruh kegiatan siswa dalam proses belajar yang menghasilkan perubahan tingkah laku dan pengalaman. Sikap siswa kepada guru dan aktivitas belajar merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kualitas belajar siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten. Untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa kepada guru dengan aktivitas belajar siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten, dilakukan melalui jalan researct pada siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten.

Penulisan ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui Sikap SMP Negeri 1 Plosoklaten kepada gurunya
2. Mengetahui aktivitas belajar siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten
3. Mengetahui hubungan antara sikap siswa kepada guru dengan aktivitas belajar SMP Negeri 1 Plosoklaten. 
Variabel-variabel penelitian yang diperhatikan, yaitu:
1. Variabel bebas yaitu sikap siswa kepada guru
2. Variabel terkait yaitu aktivitas belajar

Hasil dari analisa data tersebut dan setelah dikorelasikan ternyata dapat diketahui bahwa diperoleh r xy sebesar 0,345 pada tarif signifikan 5% dengan sampel sebanyak 278 responden. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan korelasi yang rendah dan signifikan (hitung t=6,51>table t=1,645) dengan koefisien determinan = r(kuadrat)x100% atau 0,119025 x 100% = 11,9% sedangkan sisanya 88,1% ditentukan oleh faktor lain.

-Contoh Disertasi
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Herbal
Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris
Siswa SMA 14 Dan 21 Medan (2012)

The Effect of Instructional Approach and Verbal
Reasoning on Students' English Speaking Competence
SMA Negeri 14 and 21 Medan(2012)

NAEKLAN SIMBOLON

ABSTRACT

The objective of this research was to know the effect of instructional approach and verbal reasoning on students' English speaking competence SMA Negeri 14 and 21 Medan. The research was conducted at SMA Negeri 14 and 21 Medan, in the first semester 2010/2011 academic year. The experimental research is done by using 2x2. Trarment by level design, with 160 students as sample that were taken by random sampling. That instument used were verbal reasoning test and English speaking competence observation. The result of the research shows that: (1) there is the difference of stundents' speaking competence between stundents taught by Contextual Teaching and Learning and Expository instruction, (2) there is the interaction between instuction approach and verbal reasoning and speak English competence of SMA Negeri 14 and 21 Medan, (3) there is the difference of the students' English speaking competence between student who have high verbal reasoning and low varbal reasoning, (4) there is difference of the students' English Speaking Competence who have low verbal reasoning taught by using Contextual Teaching and Learing compare with the students who taught by using expository instruction.

-Contoh Tugas Akhir(TA)
FORM PERNYATAAN PLAGIARISME
Saya yang bertandatangan dibawah ini:
Nama: (Nama Mahasiswa)
NIM:.................
Program Studi:.................
Jurusan Teknik Elektro
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Laporan Tugas Akhir berjudul PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN VB.NET adalah betul-betul karya sendiri dan bukan menjiplak atau hasil karya orang lain. Hal-hal yang bukan karya saya, dalam Tugas Akhir tersebut diberi tanda citasi dan ditunjukkan dalam daftar pusaka.
Apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi akademik berupa pencabutan Tugas Akhir dan gelar yang saya peroleh dari Tugas Akhir tersebut.
Bukit Jimbaran, 1 Agustus 2013
Yang membuat pernyataan
Tanda Tangan
Nama Mahasiswa
NIM.
Politeknik Negeri Bali iv
KATA PENGANTAR
ABSTRAK

Sumber: 
http://widhiikardinaa.blogspot.com/2015/05/skripsi-tesis-disertasi-dan-tugas-akhir.html 
http://januar-ikmal.blogspot.com/2014/05/definisi-skripsi-thesis-dan-disertasi.html
http://lengkapskripsi.blogspot.com/2013/07/pengertian-dan-perbedaan-skripsi-tesis.html
https://teorionline.wordpress.com/2010/02/20/perbedaan-skripsi-tesis-dan-disertasi/
http://lengkapskripsi.blogspot.com/2013/07/pengertian-skripsi.html
http://irmaassignment.blogspot.com/2015/05/tugas-bahasa-indonesia-2-skripsi-tesis.html
http://www.slideshare.net/areapratama/contoh-laporan-tugas-akhir-ta
http://sepercikilmupengetahuan.blogspot.com/2012/04/skripsi-tesis-disertasi-karya-ilmiah.html
http://www.jazieko.com/tips-skripsi-thesis-dissertation
https://mpiuika.wordpress.com/2010/01/27/perbedaan-skripsi-tesis-dan-disertasi/

1 comment: